Trik dan Tips Agar Negosiasi Gaji Lancar

Posted by Kruirz On Kamis, 09 Agustus 2012 2 komentar

Trik dan Tips Agar Negosiasi Gaji Lancar

Oleh SR 
 
Memiliki karir yang dicita- citakan adalah hal yang wajar dan normal bagi setiap Pencari Kerja. Sayangnya tidak semua keinginan dan harapan sesuai dengan apa yang kita idamkan. Jika Anda sudah mendapatkan peluang untuk diterima kerja di perusahaan incaran, maka Anda adalah salah satu orang yang beruntung.
Proses wawancara pun sudah Anda lakukan dan berjalan dengan lancar, sesi berikutnya adalah negosiasi gaji. Berbicara tentang negosiasi gaji pada perusahaan bukan perkara mudah. Sering kali negoisasi berjalan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan dan Anda rencanakan.

Berikut ini cara agar Anda dapat bernegosiasi gaji dengan lancar dan sesuai dengan keinginan Anda:

Survey
Lakukanlah survey atau riset perbandingan gaji terlebih dahulu. Dapatkan semua informasi untuk orang yang memiliki kualifikasi seperti Anda, jenis perusahaan yang sama, di kota yang sama dan posisi yang sama dengan Anda. Anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari berbagai sumber, contohnya dari buku yang membahas tentang ketenagakerjaan, artikel di internet dan bahkan dari lowongan kerja online (biasanya lowongan kerja online mencantumkan range salary untuk posisi yang ditawarkan). Ingat jangan hanya memakai satu sumber saja.
Melakukan riset terlebih dahulu bukan berarti Anda mendapatkan jawaban pasti, tapi setidaknya Anda mendapatkan gambaran angka berapa yang harus Anda lontarkan kepada HRD pada saat negosiasi gaji.

Berikan Pejelasan dan Alasan yang kuat
Jika Anda ingin mendapatkan gaji yang layak maka Anda harus memperjuangankan keinginan tersebut. Berikan penjelasan yang meyakinkan kepada HRD akan kemampuan dan kualifikasi Anda. Tunjukan juga semangat dan minat kerja Anda untuk bergabung di perusahaan tersebut.

Apabila Anda pernah bekerja diperusahaan yang lama, cara lain untuk mempertimbangan kenaikan gaji Anda ada baiknya bos memberikan rekomendasi atau catatan bahwa Anda layak mendapatkan gaji yang Anda inginkan. Jangan lupa Anda harus menjelaskan mengapa Anda layak mendapatkan gaji besar.

Buat Kesepakatan
Jika Anda tetap kuat dengan pendirian Anda ingin mendapatkan gaji yang sesuai dengan harapan Anda. Di lain sisi mungkin Anda terlalu berlebihan dan mengebu-ngebu ingin mendapatkan gaji yang besar walaupun Anda merasa yakin akan kemampuan Anda, sebaiknya kontrol emosi Anda saat bernegoisasi gaji. Coba buat kesepakatan. Inti dari kesepakatan ini adalah jika dalam masa probation Anda melakukan pekerjaan dengan baik dan menguntungkan perusahaan maka Anda berhak untuk mendapatkan gaji yang Anda inginkan.

Semoga artikel Trik dan Tips Agar Negosiasi Gaji Lancar bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

+ komentar + 2 komentar

Anonim
2 Juni 2013 pukul 20.33

Hey There. I found your blog using msn. This is a really well written article.
I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information.
Thanks for the post. I will definitely comeback.

Here is my web-site www.hugecockfuck.org

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Trik dan Tips Agar Negosiasi Gaji Lancar
Anonim
3 Juni 2013 pukul 10.07

Hi there, You've done an incredible job. I will certainly digg it and personally suggest to my friends. I am confident they'll be benefited
from this web site.

Also visit my blog post :: www.tamporno.net

Terimakasih Anonim atas Komentarnya di Trik dan Tips Agar Negosiasi Gaji Lancar

Posting Komentar

Lowongan Terlaris

Arsip lowongan

Kategori